WordPress.com Vs WordPress.org: Perbedaan Mendasar Yang Wajib Anda Ketahui

Nah, sekilas dua alamat domain tersebut menawarkan hal yang sama atau mirip, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dan hal itu pula yang kerap membuat bingung para pemula yang ingin membuat website atau blog.

Jika Anda ingin membuat website dengan menggunakan WordPress, jelas sekali kalau Anda wajib memahami perbedaannya. Keduanya sama-sama CMS yang menjadi dasar pembuatan website. Tidak tahu apa itu CMS? Mari kita uraikan secara singkat dulu.

CMS merupakan singkatan dari Content Management System yang berfungsi sebagai software untuk pengelolaan konten website. CMS inilah yang menjadi kerangka dasar dari kebanyakan website untuk berbagai kebutuhan seperti bisnis, organisasi, dan sebagainya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Nah, kita lanjutkan pada perbedaan antara kedua CMS ini. WordPress.com adalah platform blog yang menggunakan CMS dari WordPress. Anda pernah tahu Blogger? Ya. Blog gratis dari Google. Dengan kata lain, WordPress.com adalah sebuah plaform yang dikhususkan untuk membangun sebuah blog seperti Blogger.

Sedangkan WordPress.org merupakan CMS untuk website.

WordPress.org dikembangkan oleh komunitas dengan menggunakan bahasa pemograman PHP serta Database MySQL dan  memiliki konsep yang lebih kompleks dibandingkan WordPress.com.

Perbedaan lainnya adalah dari segi pengelolaan (hosted). Dengan menggunakan WordPress.com, Anda sudah diberikan layanan hosted, sedangkan Wordpres.org Anda harus menggunakan layanan self hosted. Apa bedanya?

Kita ilustrasikan sebagai berikut. Self hosted itu ibaratnya adalah tanah atau rumah yang kita miliki sendiri. Jadi, semua hal di situ bisa kita gunakan sebebas mungkin tanpa adanya batasan.

Sedangkan hosted WordPress itu ibarat ngontrak, nge-kos, atau tinggal di apartemen. Anda cuma menyewa ruangan di situ, dan sebagian besar barangnya pun bukan milik Anda sendiri. Jadi, selalu ada batasan jika hendak menggunakan semua fasilitas di situ.

Karena bukan seratus persen milik Anda, sudah pasti banyak kendala jika ingin menggunakannya dengan tujuan lebih besar. Oleh karena itu, perbedaan WordPress.com dan WordPress.org sangat kentara. Namun bukan berarti dua pilihan tersebut ada yang paling bagus.

Semua tergantung kebutuhan atau selera. Jadinya, Kita simak apa saja keunggulan serta kelemahan dari kedua pilihan tersebut.

Penting untuk Anda tau, hosted atau hosting adalah tempat dimana Anda menyimpan file-file website Anda agar dapat diakses secara online.

Sedangkan domain adalah alamat resmi yang digunakan untuk mengakses website Anda, contohnya webforia.id, facebook.com, atau google.com

Dari uraian singkat mengenai penjelasan dua hal di atas, kita lanjutkan pada keunggulan serta kelemahan masing-masing. Hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dasar untuk memilih di antara WordPress.com atau WordPress.org.

Keunggulan WordPress.com

wordress-com

  • Gratis
    Yang jelas adalah gratis. Ya. Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat blog di WordPress.com. Syaratnya cuma mendaftar dengan email, verifikasi, dan tinggal pakai. Kecuali jika Anda memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar.
  • Mudah digunakan
    Cara menggunakan WordPress.com juga sangat gampang dipakai. Masuk ke akun WordPress,com, langsung ada pilihan membuat blog dengan nama url yang dikehendaki. Selanjutnya tinggal posting konten di blog itu.
  • Tidak perlu kemampuan koding & maintenance
    Anda tak perlu melakukan perawatan berkala. Paling cuma mengetahui beberapa bagian template seperti warna, header, dan sebagainya. Tersedia banyak pilihan tema gratis yang bisa Anda pilih untuk tampilan blog di WordPress.com, pastinya dengan fitur yang terbatas.

Kekurangan WordPress.com

  • Fitur Terbatas
    Berhubung gratisan, tentu fitur yang sangat terbatas. Dan keterbatasan fitur itu kerap menyulitkan modifikasi tampilan blog sehingga kadang nampak tak seimbang dari segi tata letak, ukuran, hingga warna.
  • Tidak bisa dipasang iklan
    Anda pun tak bisa menjadikan blog ini sebagai sarana memperoleh pemasukan tambahan. Pasalnya, pihak WordPress.com mengaturnya supaya tak bisa digunakan untuk Adsense.
  • Tidak bisa menambahkan tema sendiri
    Anda harus terima apa adanya setiap plugin yang tersedia di WordPress.com. Pasalnya sudah tak bisa di utak-atik lagi. Begitu pula dengan tema tampilan yang terbatas dan tak bisa membuatnya sendiri supaya lebih cocok di blog WordPress.com Anda.

Mau pakai tema premium dari pihak lain? Sangat tidak mungkin karena WordPress.com tak menyediakan fasilitas tersebut.

Keunggulan WordPress.org

wordpress-org

  • Sangat fleksibel
    penggunanya memiliki akses yang hampir tak terbatas untuk memodifikasi tampilan dan fungsi website.
  • Theme dan plugin yang beragam
    Ada banyak pilihan tema dan plugin yang bisa disesuaikan pada konsep website. Untuk setiap tema yang ada, Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan dan selera. Bahkan Anda dapat membuat tema khusus untuk website Anda. WordPress.org.
  • Bisa menyesuaikan untuk berbagai jenis website
    WordPress selama ini memang identik dengan blog, tapi tidak dengan CMS WordPress dari WordPress.com yang bisa digunakan untuk berbagai macam tipe website, Sangat cocok untuk digunakan sebagai website, blog, sampai toko online.

Kekurangan WordPress.org

  • Perlu domain & hosting
    Anda wajib mengeluarkan biaya untuk pembelian domain dan hosting, apalagi jika hendak menggunakan tema premium.
  • Butuh kemampuan teknis
    Karena di khususnya bagi para profesional, harus punya kemampuan teknis memasang dan memodifikasi WordPress.org.
  • Maintenance
    WordPress.org pun tak mungkin dibiarkan begitu saja alias hanya untuk posting secara berkala. Minimal harus ada perawatan rutin supaya kinerjanya tetap stabil dan lancar diakses. Bila Anda mengabaikan hal ini maka serangan hacker atau kehilangan data adalah yang mungkin bisa terjadi. 

Jadi, Mana Yang Seharusnya Anda Pilih?

WordPress.com atau WordPress,org? Tergantung dari kebutuhan Anda sendiri. Mana saja di antara kedua pilihan itu sebenarnya baik jika tahu kebutuhan dan fungsinya. Tapi alangkah baiknya kalau kita uraikan juga mengenai fungsi semacam apa yang tepat dari dua pilihan itu.

Pemakaian WordPress.com

Disarankan bagi Anda yang ingin membuat blog pribadi dengan konten-konten yang diunggah secara rutin, pakai saja WordPress.com. Apalagi jika punya hobi menulis. Secara umum, tampilan nya sudah oke dan nyaman.

Pemakaian WordPress.com untuk sarana blogging pun sangat ideal. Lebih elegan dari konsep desain serta selalu ada pilihan tema baru yang bisa digunakan dan pastinya gratis.

Pemakaian WordPress.com pun sebenarnya cuma butuh sedikit eksplorasi dan kreativitas sehingga tampilan dan fiturnya jadi lebih maksimal.

Pemakaian WordPress.org

Mau bikin website apalagi yang di konsep secara profesional? Ya pilihannya adalah WordPress.org.

Bisa digunakan selain untuk personal web juga untuk komunitas, forum online, toko online, dan yang paling banyak adalah bisnis.
Kalau Anda termasuk orang yang menginginkan kinerja optimal bahkan dari hal-hal paling detil, WordPress.org sangat direkomendasikan.

Tags: