11 Plugin Gratis Yang Wajib Dimiliki Untuk Web Bisnis Anda

Sebuah website bisnis tentu akan makin menguntungkan jika bisa menghadirkan banyak manfaat dan memberikan layanan yang baik pada pengunjung. Dengan banyaknya manfaat ini maka visitor atau pengunjung bisa jadi lebih tertarik dan betah berlama-lama. Untuk itulah kemudian muncullah plugin yang bisa digunakan untuk membuat tampilan dan kinerja website jadi lebih baik.

Namun seiring dengan banyaknya jumlah dan jenis plugin yang ada membuat para pebisnis jadi bingung menentukan plugin yang tepat dan baik untuk websitenya. Plugin sendiri ada kategori yang gratis dan berbayar. Bagi pebisnis yang sudah memiliki usaha skala besar tentu tidak sulit baginya membeli plugin berbayar.

Tapi bagaimana dengan para pebisnis skala UMKM atau yang baru merintis? Tentu plugin berbayar bisa jadi beban tersendiri dan pada akhirnya mereka harus memilih plugin gratis. Plugin gratis sendiri tidak semua jelek, namun dengan kejelian memilih maka kita bisa mendapatkan plugin gratis yang bagus dan membuat website kita jadi makin ciamik.

Gratis tidak bisa dipandang dengan fitur yang buruk atau dibuat asal-asalan, biasanya penyedia plugin gratis menawarkan fitur tambahan mengharuskan Anda untuk melakukan pembayaran. Disitulah mereka mendapatkan keuntungan.

Nah bila Anda salah satu pebisnis yang mengalami kebingungan menentukan plugin gratis yang bagus untuk website bisnis, maka berikut ini ada 10 pilihan plugin gratis bagus yang bisa jadi referensi. Apa hebatnya 10 plugin gratis ini? Dengan 10 plugin ini maka Anda pastinya akan mampu meningkatkan kualitas website Anda. Tidak hanya itu tanpa harus mengeluarkan uang maka dengan 10 plugin ini Anda akan mampu mengoptimasi website bisnis Anda dengan baik.

Yuk, simak plugin apa saja yang bermanfaat untuk website bisnis Anda.

1. Contact Form 7 –  Membuat Halaman Kontak Jadi Lebih Mudah

Plugin pertama yang bagus untuk website bisnis Anda adalah contact form 7 form builder. Plugin yang berguna untuk membuat sebuah halaman kontak untuk kepentingan komunikasi dengan visitor ini memang sangat mudah digunakan. Selain itu plugin ini memiliki antarmuka yang ramah dan juga bisa dipakai untuk membuat serta mengelola beragai formulir sesuai kebutuhan. Dan yang paling menarik dari plugin ini adalah banyak ekstensi dari pihak ketiga yang membawa fitur tambahan ke fungsi dasar Plugin. Dan yang pasti dengan plugin ini kita akan bisa membuat halaman kontak yang bagus dan berkualitas.

Plugin alternative:

  1. Jetpack’s Contact Form Module

2. Wordfence Security – Buat Data Anda Lebih Aman

Berikutnya, plugin gratis yang akan berguna untuk website bisnis Anda adalah wordfence security. Dengan plugin ini Anda akan mampu membuat website aman dari segala infeksi malware yang bisa menyerang. Selain bisa melakukan pengecekan infeksi malware, plugin ini juga mampu melakukan blocking pada serangan brute force yang coba menyusup login admin. Kemampuan plugin ini dikarenakan wordfence mempunyai firewall sendiri untuk melakukan block bot-bot penyusup. Menariknya lagi wordfence ini diyakini bisa menjadikan situs wordpress 50 kali lebih cepat.

Tidak ada 100% sistem yang aman, yang bisa Anda lakukan hanya mengurangi resiko kehilangan data

Plugin alternative:

  1. iThemes Security
  2. All In One WP Security

3. WordPress SEO By Yoast – Optimasi Setiap Halaman Website Anda

Plugin wordpress SEO by Yoast ini adalah salah satu favorit para blogger untuk mengoptimasi websitenya. Dibanding dengan plugin SEO yang lain, WordPress SEO by Yoast ini dianggap paling lengkap. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan WordPress SEO by Yoast antara lain membantu memasukkan kata kunci, membuat judul website dan artikel, pengaturan deskripsi serta pengaturan meta robot seperti mengatur noindex atau nofollow sebuah halaman. Selain itu dengan plugin ini Anda akan terbantu dalam pengaturan breadcrumbs setiap halaman posts, Konfigurasi header/ footer RSS dan juga melakukan previews snippet dari Google Search serta banyak lagi manfaat lainnya.

Plugin alternative:

  1. All in One SEO
  2. SEO Ultimate

4. W3 Total Cache – Buat Website Anda Semakin Cepat

Koneksi internet yang lambat memang menyebalkan, apalagi jika hal itu didukung oleh website yang memiliki kecepatan buruk. Nah saat website melambat tentu itu adalah sebuah kerugian, siapa yang mau menunggu lama untuk membuka suatu halaman website?. Maka dari itu plugin W3 total cache ini hadir. Dengan plugin ini maka loading website Anda jadi lebih cepat sehingga visitor akan menjadi senang dan akan sering datang ke website Anda. Fungsi percepatan yang bisa dilakukan plugin ini dikarenakan adanya caching yang akan bekerja pada browser Anda.

Sebagai informasi cache pekerja dengan menyimpan file-file dari website pada komputer atau smartphone Anda. Saat pertama kali Anda mengunjungi sebuah halaman website, browser akan mendownload file-file yang dibutuhkan. Nah, ketika Anda mengunjungi halaman website untuk kedua kali dan seterusnya, browser Anda tinggal mengambil file-file yang sudah tersedia sebelumnya.

Plugin alternative:

  1. WP Super Cache
  2. WP Fastest Cache

5. Updraftplus – Backup File Anda Secara Berkala

Tidak perlu panik jika website Anda mengalami masalah kehilangan data atau terkena serangan hacker, rajin melakukan backup adalah solusi mudah dan praktis untuk mengembalikan website Anda ke kondisi awal.

Nah, bagi pengguna platform wordpress maka ada plugin gratis bernama Updraftplus yang bisa Anda gunakan untuk melakukan backup secara otomatis dengan jadwal yang ditentukan. Selain itu dengan plugin ini Anda juga bisa melakukan restore template, file atau database website dengan cepat.

Penyimpanan file backup sendiri bisa dilakukan ke beberapa tempat seperti Dropbox, Google Drive, Amazon S3, UpdraftPlus Vault, DreamHost DreamObjects, Rackspace Cloud Files, OpenStack (Swift), email dan FTP.

Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah menyimpan file backup pada lokasi atau server yang sama. Kebiasaan ini bisa berpotensi fatal apabila server Anda mengalami masalah. Simpan file backup pada server lain, komputer lokal, atau penyedia layanan cloud yang telah disebutkan sebelumnya.

Plugin alternative:

  1. Vaultpress
  2. BackupBuddy
  3. BackWPup

6. Page Builder By Siteorigin  – Membuat Desain Halaman Jadi Lebih Mudah

Bila Anda ingin menerapkan kolom dalam rangka pengaturan layout website maka Anda membutuhkan plugin page builder yang mumpuni. Dan salah satu page builder yang mumpuni yang bisa Anda andalkan adalah Page Builder by Siteorigin. Dengan plugin ini kita akan mampu membuat layout dengan berbagai macam kolom yang kita kehendaki dengan baik.

Tidak perlu memahami koding atau membongkar tema WordPress, Page builder membantu Anda membuat Layout halaman menjadi lebih mudah.

Plugin alternative:

  1. Live Composer

7. Optin Forms – Bangun Kolam Email Anda Sendiri Dan Atur Strategi Marketing Berikutnya

Dalam website bisnis tentu Anda akan butuh email para visitor yang datang sebagai sarana komunikasi. Nah untuk itulah Anda perlu membuat kotak email. Untuk membuat kotak email bagi para visitor ini Anda bisa menggunakan plugin optin forms list builder. Dengan plugin ini Anda bisa membuat konsep atau layout kota email yang indah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menggunakan plugin optin form ini sendiri sangat mudah. Anda tidak membutuhkan coding apapun untuk membuatnya. Hanya dengan beberapa langkah saja maka kotak email yang menarik bisa Anda hasilkan.

Plugin alternative:

  1. SumoMe  (Free dengan fungsi yang terbatas)
  2. Optin Forms

8. P3 (Plugin Performance Profiler) – Temukan Sumber Masalah Performa Anda

Jika Anda merasa bahwa beban kecepatan website Anda melambat karena banyak plugin yang terinstall tentu Anda harus segera bergerak untuk menghapus plugin yang tidak dibutuhkan. Namun sebelum menghapusnya, Anda tentu perlu mengetahui plugin aktif yang paling membebani website Anda. Nah, untuk keperluan ini Anda bisa menggunakan plugin P3 (Plugin Performance Profiler). Dengan plugin ini Anda akan bisa melihat jumlah beban yang telah terpakai setelah instalasi beberapa plugin yang di install di website. Selain itu dengan plugin ini Anda juga bisa melihat load di plugin dan juga query mysql per kunjungan.

Tidak perlu menghapus semua plugin yang menggunakan banyak sumber daya, hanya hapus plugin yang benar-benar tidak dibutuhkan.

9. Mashshare – Berbagi Banyak Hal Menarik Ke Sosial Media

Sosial media telah menjadi tempat berkumpulnya orang-orang di Internet. Karena itu, menjadi sangat penting menampilkan tombol sharing pada setiap artikel yang Anda miliki. Tidak hanya menampilkan tombol share, plugin ini juga menampilkan jumlah orang-orang yang membagikan konten Anda di sosial media milik mereka.

Percaya atau tidak jumlah konten yang memiliki jumlah share yang banyak akan memancing pengunjung lainnya melakukan hal yang sama.

10. Yet Another Related Post Plugin (YARPP) – Berikan Konten Yang Diinginkan Pengunjung

plugin gratis yang tepat untuk Anda gunakan pada website bisnis adalah Yet Another Related Post Plugin (YARPP). Bagi Anda yang ingin membuat tampilan sajian konten yang sama bisa terlihat oleh visitor untuk sebagai bahan pertimbangan untuk dibaca, maka Anda perlu memasang plugin YARPP ini. Dengan plugin ini maka visitor akan betah berlama-lama di website Anda karena mereka mendapatkan banyak rujukan konten yang sedang dibutuhkannya.

Buat pengunjung Anda membaca apa yang mereka ingin baca.

Plugin alternative:

  1. Yuzo related post
  2. Inline Related Posts

11. Jetpack By WordPress.com – Semua Kebutuhan Anda Dalam Satu Plugin

Terakhir, plugin gratis terbaik yang patut Anda coba untuk website bisnis Anda adalah Jetpack. Jetpack sendiri merupakan plugin wordpress yang memiliki banyak kegunaan dengan lebih dari 30 fitur. Tak ayal bila kemudian banyak yang menyebut Jetpack ini sebagai ibu atau induk dari plugin. Meski multifungsi, bukan berarti plugin Jetpack ini akan membuat website Anda jadi lemot. Karena beberapa fitur yang ada dari plugin ini ternyata malah memiliki kegunaan yang sangat baik untuk menjadikan website jadi lebih optimal dan bekerja lebih maksimal.

Tags: