7 Alasan Membuat Website Dengan WordPress

Menurut data dari expandedramblings.com saat ini 76.5 website di dunia menggunakan CMS wordpress. Jumlah ini 26% dari total semua website yang telah online di Dunia. Pertanyaan kenapa pengguna wordpress bisa dibilang sangat banyak dibanding CMS lainnya?

Sebelum Anda membaca artikel ini sampai selesai, Kita flashback sebentar untuk mengetahui sejarah wordpress. WordPress pertama kali muncul pada tahun 1993. Dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. WordPress semakin berkembang berkat kemudahan dan tampilan yang menarik. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySql. Saat ini WordPress dikembangkan oleh komunitas di bawah lisensi GPL, yang dapat digunakan dan dimodifikasi dengan bebas.

 

WordPress mempunyai 2 domain berbeda yaitu wordpress.com dan wordpress.org. WordPress yang kita bahas kali ini adalah sebuah CMS yang bisa Anda dapatkan di wordress.com, sedang wordpress.com adalah layanan bloging gratis yang menggunakan CMS WordPress itu sendiri.

Kabar terbaru, saat ini wordpress.com sudah mengganti bahasa dari PHP ke Javascript, tapi dari segi fitur tidak banyak perbedaan dari yang dulu. Perubahan besar hanya terjadi pada tampilan yang lebih flat mengikuti trend.

Setelah Anda membaca sedikit sejarah dan pengetahuan tentang wordpress, sekarang saatnya Anda membaca kenapa Anda harus membuat website dengan WordPress.

1. Instalasi  yang Mudah.

Tidak perlu dipusingkan dengan baris-baris koding yang membingunkan, Anda hanya perlu sebuah alamat domain, hosting, dan sebuah template untuk membuat sebuah website.

Langkah awal Anda harus mengunduh di situs resminya wordpress.org. Setelah itu Anda membutuhkan sebuah server lokal atau bisa juga langsung menggunakan hosting. Instalasi melalui hosting akan lebih mudah karena pada beberapa hosting sudah terdapat pilihan untuk instalasi wordpress. Anda hanya perlu mengisi username dan password, setelah itu silahkan ikuti perintahnya selanjutnya sampai proses instalasi selesai.

Setelah proses instalasi selesai Anda akan dibawa pada halaman Admin Dashboard. Pada halaman ini, anda akan lakukan konfigurasi website Anda. Pada halaman Admin sudah terdapat beberapa pilihan template yang bisa digunakan. Silahkan Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

2. Mudah Digunakan

WordPress memiliki halaman Admin dengan tampilan yang simple, setiap orang pasti bisa menggunakannya. Halaman Admin digunakan untuk melakukan manajemen konten (post, update, edit, dan delete), mengatur menu, dan halaman pada sebuah website.

Anda juga dapat mengelompokan artikel berdasarkan kategori dan label yang berbeda.

3. Tersedia banyak Pilihan Template

Best Selling WordPress Themes – Themeforest.net

Karena kepopuleran WordPress, banyak pengembang dan desainer web yang tertarik membuat template. Saat ini banyak template WordPress yang bisa Anda temui di internet, baik itu yang berbayar maupun yang gratis. Jika Anda ingin website Anda memiliki tampilan yang menarik Saya sarankan Anda menggunakan template yang berbayar.

Untuk template premium bisa Anda temui di situs-situs penyedia template seperti  themeforest.com, templatemoster.com. Harga template premium rata-rata  $45 atau sekitar 500 ribuan rupiah. Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup membantu Anda untuk membuat sebuah website.

Beberapa template premium sudah di bundle dengan plugin-plugin berbayar. Sehingga Anda dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

4. Beragam Pilihan Plugin

Best Selling WordPress Plugins – Codecanyon.net

Saat ini ada 46.375 plugins yang tersedia di wordpress plugin directory. plugin-plugin in memiliki fungsi yang bermacam-macam. Anda dapat menggunakannya untuk membangun website Anda sendiri.

Visual composer adalah salah satu plugin yang dapat membuat Anda menjadi layaknya super hero. Plugin yang telah terjual sebanyak 191,065 ini bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah halaman website dengan cara drag anda drop.

5. Cocok Untuk Berbagai Macam Jenis Website

Toko Online dengan plugin WooCommerce

Pada awalnya wordpress memang ditujukan untuk membuat sebuah website blog. Tapi pada pengembangannya, sekarang WordPress bisa digunakan untuk berbagai macam jenis website seperti company profile sampai situs e-commerce.

Para pengembang website juga banyak menggunakan wordpress. Dengan menggunakan wordpress pengembang tidak perlu membuat lagi website dari awal, pengembangan website pun akan menjadi lebih cepat dan menghemat biaya. Pengembang hanya perlu menyesuaikan kebutuhan klien dengan website yang akan dibangun.

6. Dukungan komunitas

Saat ini ada 4.105 orang yang ikut berpartisipasi dalam pengembangan wordpress di github. Jumlah pengembang yang sangat besar bukan? Dukungan komunitas ini sangat penting untuk pengembangan dan perbaikan bug pada wordpress itu sendiri.

Jadi Anda tidak perlu khawatir menggunakan wordpress, karena Anda tidak sendiri.

7. Seo Friendly

WordPress sudah mendukung struktur website yang disukai mesin pencari. Url yang dapat di custom sesuai dengan konten merupakan salah satunya.

Terdapat juga plugin-plugin yang digunakan untuk mempermudah Anda melakukan  SEO seperti, Yoast SEO atau all in One SEO pack.

Kesimpulan

WordPress adalah sebuah tools yang sangat powerful untuk membangun sebuah website. Ketersediaan template, plugin, dan panduan yang lengkap membuat Anda bisa membangun website Anda sendiri, Anda  juga bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional.

Isu keamanan yang sudah tidak asing lagi pada CMS seperti wordpress bisa dicegah dengan menggunakan plugin-plugin keamanan, Anda bisa menggunakan plugin dari wordfence.com, atau bisa juga menggunakan layanan keamanan bulanan seperti yang disediakan di sucuri.net.

 

 

Tags: