WooCommerce Tutorial – Cara Mudah Membuat Toko Online Di WordPress

Installasi WooCommerce

WooCommerce merupakan salah satu solusi membuat toko online yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online sederhana hingga yang komplek.

WooCommerce merupakan suatu plugin WordPress, jadi sebelum Anda menggunakan woocomerce terlebih dahulu anda harus menginstal WordPress. Jika Anda belum memiliki WordPress silakan baca panduan Panduan Installasi WordPress.

Pada tutorial kali ini Saya akan membahas mulai dari cara installasi hingga cara membuat produk pada WooCommerce.

Installasi

Step 1 – Installasi plugin WooCommerce

Pertama Anda perlu menginstall WooCommerce dari WordPress Directory. Untuk melakukan installasi silakan navigasi ke WordPress admin > Plugins > Add New, cari “WooCommerce” kemudian klik Install Now.

Step 2 – Setelah plugin berhasil terinstall sekarang klik “Active“.

 WooCommerce Setup

Setelah proses installasi selesai, untuk pertama kalinya WooComerce akan menampilkan WooCommerce Setup Wizard untuk mempermudah Anda melakukan penyesuaian toko online.

Langkah ini bisa Anda lewati bila Anda ingin melakukan penyesuaian secara manual. Tapi Saya menyarankan untuk melanjutkan proses tahap ini, Klik Continue untuk melanjutkannya

Pertama WooCommerce secara otomatis membuat halaman-halaman yang dibutuhkan untuk keperluan toko online seperti:

  • Shop: Halaman utama untuk menampilakan produk
  • Cart: Halaman keranjang belanja yang digunakan menampung barang yang akan dibeli.
  • Checkout: Halaman untuk mengisi data kustomer seperti identitas, alamat pengiriman dan metode pembayaran yang digunakan.
  • My Account: Halaman yang digunakan untuk majemen akun dan melihat detail pesanan kostumer.
woocommerce page setup

Pada bagian ini Anda diminta memilih lokasi toko, mata uang dan satuan ukuran produk yang Anda gunakan untuk keperluan pengiriman.

Location Configuration for WooCommerce Plugin

Anda bisa mengatur barang apa yang Anda jual dan apakah barang yang dijual akan dikenakan pajak kemudian klik Continue

Shipping and Tax settings page for Woocommerce

Anda bisa memilih metode pembayaran yang Anda gunakan seperti Paypal dan transfer bank. Nantinya Anda juga bisa menggunakan payment gateway untuk mempermudah proses pembayaran seperti Doku, Ipaymu, Midtrans dll.

Payments configuration for WooCommerce plugin

Sampai langkah ini proses installasi dan  pengaturan dasar telah selesai. Anda secara resmi telah memiliki toko online di WordPress Anda. Langkah selanjutnya adalah memasukan data produk dan menambahkan ongkos kirim bila diperlukan.

WooCoomerce setup is complete

Onkos Kirim

Secara default WooCommerce tidak mengukung ongkos kirim, jadi Anda harus menambahkannya sendiri.

Di Indonesia sendiri ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan jika Anda ingin menambahkan fitur onkir seperti JNE, TIKI, POST.

Hampir semua plugin Onkos Kirim ini berbayar, dikarenakan biaya ongkir yang dinamis. Beberapa plugin onkir yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  • Plugin OngkosKirim dari Tonjoo Studio memberikan masa trial selama 14 hari.
  • Ongkoskirim.id dari jejualan.com bisa Anda gunakan gratis untuk perhitungan onkir sampai tinggkat kecamatan. pada versi free plugin ini, beberapa kurir tidak disediakan. Anda perlu update untuk menggunakan semua layanan kurir. 
  • Epeken 
  • WooCommerce Indo Ongkir dari wpbisnis.com
Plugin OnkosKirim dari Tonjoo Studio

Menambahkan Produk

Unutk menambahkan produk silakan navigasi ke Product > New. Sebelum menambahkan produk sebaiknya Kita bahas terlebih dahulu bagian-bagian halaman produk baru ini.

Judul dan Deskripsi

Bagian ini sama dengan bagian post default WordPress, Anda akan menambahkan judul dan deskripsi  produk.

Produk Data

Merupakan bagian terpenting dari sebuah produk. WooCommerce menyediakan beberapa tipe produk yang bisa Anda gunakan seperti:

  • Simple – Jenis tipe produk biasa yang tidak memiliki opsi tambahan.
  • Grouped – Kumpulan beberapa produk simple yang dapat dibeli secara terpisah. Contohnya satu set gelas.
  • Virtual – Produk yang tidak memerlukan pengiriman, jenis produk ini bisa Anda gunakan untuk menjual jasa. Perlu diingat ketika Anda menggunakan tipe produk ini maka perhitungan ongkos kirim pada halaman cart dan checkout tidak akan berfungsi.
  • Downloadable – Tipe produk yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk digital. Jika Anda memilih pilihan ini maka Anda bisa menambahkan file-file yang Anda jual. Jadi ketika proses transaksi berhasil kostumer bisa mendapatkan akses untuk produk digital yang mereka beli di member area.
  • External or Affiliate – Untuk produk affiliate atau produk yang Anda jual ditempat lain tapi ingin Anda tampilkan pada website Anda. Contohnya jika produk Anda ada marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dll.
  • Variable – Produk yang memiliki variasi misalnya Anda menjual kaos dengan warna dan ukuran yang berbeda. Setiap variabel produk bisa Anda berikan harga yang berbeda juga.

Perlu Anda ingat setiap tipe produk mempunyai pengaturan produk data yang berbeda-beda. 

Deskripsi Singkat

Deskripsi singkat akan ditampilkan disamping gambar utama produk, ini berfungsi untuk menjelaskan secara umum tentang produk. Berbeda dengan deskripsi utama produk yang di letakan pada bagian tab yang berfungsi untuk menjelaskan produk secara lebih detail.

Menambahkan Produk Dan Galleri

Anda bisa menambahkan gambar produk pada bagian panel kiri, product image untuk gambar utama dan produk gallery untuk gambar pendukung.


Setting

  • General – Atur lokasi toko dan mata uang
  • Products – Anda bisa mengautur halaman yang digunakan untuk menampilkan produk, satuan ukuran produk, manjemen stock dan lain sebagainya.
  • Shipping – Digunakan untuk mengatur metode pengiriman.
  • Payment –  Mengatur metode pembayaran yang Anda gunakan. Pada bagian ini Anda bisa memasukan nama bank, nomor rekening sebagai penerima transfer yang akan di informasikan pada kostumer.
  • Account & Privacy – Atur kebijakan penggunaan website.
  • Emails – Pada bagian ini Anda bisa mengatur desain dan attribute email seperti subject dan email pengirim. Jika Anda ingin mengganti text yang dikiriman pada kostumer Anda bisa menambahkan plugin Email Text Customizer for WooCommerce

Order

Untuk melihat halaman pesanan silakan navigasi ke menu WooCommerce > order.

Secara Default setiap pesanan yang masuk memiliki status On hold, Setelah pembayaran sukses Anda bisa mengganti status menjadi processing dan ketika barang sudah sampai pada kostomer bisa Anda ubah status menjadi completed.

Anda dapat melihat detail pesanan dengan cara klik nomor dan nama pesanan.

Ringkasan

Dari artikel ini dapat disimpulkan membuat toko online dengan WooCommerce sangat mudah, mulai dari instalasi, membuat produk, serta manajemen pemesanan dari kostumer. Selain itu plugin yang digunakan lebih dari 1juta pengguna aktif dan pengembangan didukung langsung oleh perusahaan dibalik WordPress itu sendiri, WooCommerce sangat bisa diandalkan sebagai bagian dari bisnis Anda.

Your also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.